Posted by : Anonim Sabtu, 08 Juni 2013



Sebelumnya kalian pasti pernah mendengar banyak cara untuk bisa tidur yang menyebar dari mulut ke mulut. Misalkan cara-cara tak ilmiah seperti menghitung domba atau minum susu hangat.
Artikel ini akan membedah satu-persatu cara yang dianggap ampuh untuk mengatasi kesulitan tidur..
Apakah cara-cara tak ilmiah di atas benar-benar bisa membantu tidur nyenyak? Ini dia pendapat Michael Decker PhD, profesor di Georgia State University, seperti dilansir oleh Huffington Post (06/08).
1. Lagu pengantar tidur
Ternyata lagu nina bobo, atau lagu pengantar tidur yang lembut dan pelan benar-benar bisa membuat kalian tidur nyenyak. Sebuah penelitian pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 35 persen orang yang mendengarkan lagu pelan sebelum tidur mengalami peningkatan kualitas tidur.
2. Susu hangat
Susu hangat sering dikaitkan dengan tidur nyenyak. Padahal faktanya, susu dan makanan lain yang kaya protein justru menahan efek mengantuk yang dikeluarkan tryptophan. Meski begitu, kemungkinan besar susu hangat memiliki efek psikologis. Susu hangat selalu membuat pikiran orang merasa tenang, nyaman, dan bisa cepat terlelap.
3. Menghitung domba
Kemungkinan besar menghitung domba akan membuat kalian lelah, bosan, hingga akhirnya ketiduran. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 menunjukkan bahwa membayangkan tempat-tempat yang menenangkan justru berdampak lebih baik daripada menghitung domba.
4. Latihan pernapasan
Fokus pada nafas, dan menghitung nafas adalah bagian dari teknik yoga sebelum tidur. Ini memang memiliki efek meditasi yang membuat kalian lebih tenang, nyaman, dan menurunkan kecepatan detak jantung.
5. Mandi air hangat
Suhu tubuh yang berubah akan memicu otak untuk segera terlelap. Kemungkinan besar ini yang melatar belakangi cara mandi air hangat agar cepat tertidur. Sebenarnya bukan mandi air hangat yang bisa membuat mudah terlelap, melainkan perubahan suhu tubuh menjadi lebih hangat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mandi air hangat sebelum tidur tak hanya bisa terlelap dengan cepat namun juga memiliki kualitas tidur yang baik.
6. Alkohol
Banyak orang mengatakan bahwa alkohol akan membantu untuk cepat terlelap. Kenyataannya, alkohol justru bisa mengganggu tidur. Kalian akan berkali-kali bangun di malam hari atau pagi hari dan mengalami mimpi buruk.
7. Pindah kamar
Ini mungkin terdengar gila dan aneh, namun jika orang terus berada dalam kamar saat tak bisa tidur, kamar mereka akan memberikan efek 'cemas'. Ini malah akan memperburuk insomnia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengalami gangguan tidur di kamarnya memiliki kualitas tidur lebih baik saat tidur di kamar lain atau di tempat lain seperti sofa ruang tamu atau ruang keluarga. Cobalah keluar kamar selama 15 - 20 menit, kemudian kembalilah untuk tidur. Ini mungkin akan berhasil membuat kalian terlelap.
Itulah tujuh cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur. Nah, sekarang kalian tahu kan cara mana yang paling ampuh untuk cepat terlelap.

sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Your dreams..

Your dreams..

Followers

- Copyright © IF's Note -Metrominimalist- Powered by Blogger - Modified by Irfan Fadhilah -